RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
A. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
-
CPL Pengetahuan: Menguasai konsep dasar ilmu komputer, algoritma, dan pemrograman.
-
CPL Keterampilan Umum: Mampu berpikir kritis, memecahkan masalah, dan bekerja dalam tim.
-
CPL Keterampilan Khusus: Mampu merancang, mengimplementasikan, dan menguji program berbasis objek.
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
-
Menjelaskan prinsip dasar Pemrograman Berbasis Objek.
-
Mengimplementasikan konsep class, object, enkapsulasi, inheritance, polymorphism, dan abstraction.
-
Menggunakan OOP untuk membangun aplikasi sederhana dengan modularisasi, exception handling, collection, dan file I/O.
-
Mendesain dan mengembangkan mini project aplikasi berbasis OOP.
C. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas prinsip dan penerapan Pemrograman Berbasis Objek (PBO) dengan menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek (Java/Python/C#). Materi meliputi konsep dasar class dan object, enkapsulasi, inheritance, polymorphism, abstraction, modularisasi program, collection, exception handling, file I/O, hingga implementasi dalam bentuk mini project.
D. Bahan Kajian (Pokok Bahasan)
-
Konsep dasar OOP: class, object, atribut, method.
-
Enkapsulasi, constructor, overloading.
-
Inheritance & hierarki class.
-
Polymorphism & overriding.
-
Abstraction: abstract class, interface.
-
Modularisasi dengan package.
-
Exception handling.
-
Collection & Generic.
-
File I/O & serialisasi objek.
-
GUI sederhana.
-
Mini project berbasis OOP.
E. Strategi Pembelajaran
-
Metode: Ceramah interaktif, diskusi, demonstrasi coding, praktikum, project-based learning, presentasi.
-
Media: Laptop, IDE (NetBeans/Eclipse/IntelliJ atau VS Code), projector, LMS.
-
Evaluasi: Quiz, tugas individu, project kelompok, UTS, UAS.
F. Rencana Pembelajaran Semester (RPS Detail)
Minggu | CPMK/Sub-CPMK | Materi/Pokok Bahasan | Bentuk & Metode Pembelajaran | Penilaian & Bobot |
---|---|---|---|---|
1 | Memahami perbedaan prosedural & OOP | Pengantar PBO, class & object | Ceramah, diskusi, studi kasus | Tugas individu (2%) |
2 | Membuat class & object | Struktur class, constructor | Demo coding, praktikum | Quiz (2%) |
3 | Menerapkan enkapsulasi | Modifier, getter & setter | Praktikum | Tugas coding (3%) |
4 | Menggunakan overloading | Method & constructor overloading | Praktikum | Quiz (2%) |
5 | Membuat hierarki class | Inheritance | Diskusi, praktikum | Tugas coding (3%) |
6 | Menggunakan polymorphism | Overriding, up/downcasting | Praktikum | Quiz (2%) |
7 | Menggunakan abstraction | Abstract class & interface | Praktikum | Tugas coding (3%) |
8 | Integrasi konsep dasar OOP | UTS (teori & praktik) | Ujian | UTS (20%) |
9 | Modularisasi program | Package & import | Praktikum | Tugas coding (3%) |
10 | Menangani error | Exception handling | Demo, praktikum | Quiz (2%) |
11 | Menggunakan collection | List, Map, Set, Generic | Praktikum | Tugas coding (3%) |
12 | Membaca/menyimpan data | File I/O, serialisasi objek | Demo, praktikum | Tugas coding (3%) |
13 | Membuat GUI sederhana | GUI, event handling | Praktikum | Tugas coding (3%) |
14 | Mendesain aplikasi OOP | Mini project design, UML | Diskusi, bimbingan | Draft project (5%) |
15 | Mempresentasikan project | Presentasi mini project | Presentasi kelompok | Presentasi (10%) |
16 | Membangun aplikasi OOP mini | UAS (teori & praktik) | Ujian | UAS (30%) |
G. Penilaian
-
Kehadiran & Partisipasi: 5%
-
Tugas & Quiz: 25%
-
UTS: 20%
-
Mini Project (Desain + Presentasi): 20%
-
UAS: 30%
H. Referensi
-
Barnes, D. J., & Kölling, M. (2017). Objects First with Java. Pearson.
-
Horstmann, C. (2018). Object-Oriented Design & Patterns. Wiley.
-
Schildt, H. (2021). Java: The Complete Reference. McGraw Hill.
-
Freeman, E., & Robson, E. (2004). Head First Design Patterns. O’Reilly.
-
Oracle Java Documentation (https://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/concepts/).
https://agussuratna.net/2023/01/tutorial-java-pengenalan-bahasa-pemrograman-java/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar